1.06.2011

Analisis Penurunan Tekanan Pada Pipa Kapiler

Analisis Penurunan Tekanan Pada Pipa Kapiler
Pipa kapiler digunakan hampir pada semua system refrigerasi dengan daya sangat kecil, dan sekarang digunakan secara luas untuk system lebih besar dari 5 daya kuda. Pipa kapiler adalah suatu pipa pada mesin pendingin baik itu Air Conditioner, kulkas, dll. Pipa kapiler ini adalah pipa yang paling kecil jika disbandingkan dengan pipa kapiler suatu freezer atau dispenser berukuran 0.26 inchi s/d 0.31 inchi, sedangkan untuk pipa kapiler AC ½ s/d 2 PK adalah 0.5 inchi s/d 0.7 inchi. Kerusakan pada pipa kapiler di mesin pendingin ini biasanya di sebabkan karena pipa kapiler ini mengalami kebuntuan akibat kotoran yang masuk.
Gas refrigeran yang keluar dari kompresor telah menjadi gas yang bertekanan kemudian mengalir melalui pipa-pipa kondensor (out door) dan mberfungsi untuk melewati proses penyaringan yang disebut drier strainer setelah itu baru menuju pipa kapiler. Panjang pipa kapiler yang dibutuhkan pada mesin pendingin ialah 80-100 cm. penempatan pipa kapiler ini biasanya digulung untuk menghemat tempat dengan menggunakan mal kapasitor bekas agar tidak rusak. Pipa kapiler berfungsi sebagai alat untuk menurunkan tekanan, merubah bentuk dari gas menjadi bentuk cairan dan mengatur cairan refrigeran yang berasal dari pipa-pipa kondensor. Sebelum refrigeran masuk melewati pipa kapiler terlebih dahulu harus melalui alat yang disebut drier strainer yaitu saringan gas yang sudah terpasang dari pabrikan mesin pendingin. Fungsi drier starainer adalah menyaring dan menyerap debu yang akan masuk ke ruang pipa kapiler dank e jalur pipa yang menuju evaporator.

Pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan refrigeran agar dapat menguap di evaporator pada temperatur rendah. Tekanan refrigeran dapat diturunkan sebagai akibat adanya gesekan pada pipa kapiler yang panjang dan berdiameter kecil. Fungsi utama pipa kapiler ini sangat vital karena menghubungkan dua tekanan berbeda, yaitu tekanan tinggi dan tekanan rendah.refrigeran bertekanan tinggi sebelum melewati pipa kapiler akan diubah atau diturunkan tekanannya. Akibat dari penurunan tekanan refrigeran menyebabkan penurunan suhu. Pada bagian inilah (pipa kapiler) refrigeran mencapai suhu terendah (terdingin). Pipa kapiler terletak antara saringan (filter) dan evaporator.
Penurunan tekanan pada pipa kapiler ini disebabkan karena adanya penyempitan aliran refrigeran, sehingga terjadi penurunan tekanan, temperatur rendah, dan terjadi proses adiabatik tidak ada pemasukan da pengeluaran kalor, serta menyebabkan enthalphy konstan.

2 comments:

Isi Komentnya Yach......,

Goresan Khu......!!!

...

"Bagi dunia kau hanya seseorang,tapi bagi seseorang kau adalah DUNIA-nya" Aku sprti ini, menghadapi tantangan sprti brpetualang, mrasakan gairah saat dikejar deadline n harus berpikir keras utk menyelesaikannya.krn tanpa tantangan, rasanya hidup ini kurang hidup, tantangan hidup kita akan makin terasah n kuat untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya. I'm Comming Fresh Graduate 2011..!|!! I'm Engineer.. di Blog Goresan Khu......!!!