3.28.2011

JENIS-JENIS TUMPUAN dan REAKSI

Jenis-Jenis Tumpuan dan Reaksi

1. Tumpuan Rol

Alat ini mampu melawan gaya-gaya dalam suatu garis aksi yang spesifik. Tumpuan Rol merupakan tumpuan yang mampu menahan gaya dalam arah Vertikal. Penghubung yang terlihat pada gambar dibawah ini dapat melawan gaya hanya dalam arah AB rol. Pada gambar dibawah hanya dapat melawan beban vertical. Sedang rol-rol hanya dapat melawan suatu tegak lurus pada bidang cp.

1. Tumpuan Engsel

Tumpuan yang berpasak mampu melawan gaya yang bekerja dalam setiap arah dari bidang. Jadi pada umumnya reaksi pada suatu tumpuan seperti ini mempunyai dua komponen yang satu dalam arah horizontal dan yang lainnya dalam arah vertical. Tidak seperti pada perbandingan tumpuan rol atau penghubung,maka perbandingan antara komponen-komponen reaksi pada tumpuan yang terpasak tidaklah tetap. Untuk menentukan kedua komponen ini, dua buah komponen statika harus digunakan.

1. Tumpuan Jepit

Tumpuan jepit ini mampu melawan gaya dalam setiap arah, baik arah vertikan dan horizontal dan juga mampu melawan suaut kopel atau momen. Secara fisik,tumpuan ini diperoleh dengan membangun sebuah balok ke dalam suatu dinding batu bata. Mengecornya ke dalam beton atau mengelas ke dalam bangunan utama. Suatu komponen gaya dan sebuah momen.


Sumber : Arsip Mekter Crew's

2 comments:

  1. MAsik kurang banyak tuh mas masih ada 2 lagi 3 lagi mas di lengkapi dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kalau boleh tau, sisanya apa lagi yah mas?

      Delete

Isi Komentnya Yach......,

Goresan Khu......!!!

...

"Bagi dunia kau hanya seseorang,tapi bagi seseorang kau adalah DUNIA-nya" Aku sprti ini, menghadapi tantangan sprti brpetualang, mrasakan gairah saat dikejar deadline n harus berpikir keras utk menyelesaikannya.krn tanpa tantangan, rasanya hidup ini kurang hidup, tantangan hidup kita akan makin terasah n kuat untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya. I'm Comming Fresh Graduate 2011..!|!! I'm Engineer.. di Blog Goresan Khu......!!!