4.02.2011

PISTON BIASA Vs FORGED PISTON

Piston Biasa Vs Forged Piston

Piston pada mesin dikenal dengan istilah torak. Piston terbuat dari paduan aluminium, sedangkan pada mesin-mesin besar berkecepatan rendah biasanya terbuat dari besi cor. Piston adalah sumbat geser yang terpasang di dalam sebuah silinder mesin pembakaran dalam silinder hidrolik, pneumatik, dan silinder pompa. bagian (parts) dari mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan penerima tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros engkol (crankshaft,) melalui setang piston (connecting rod). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu (aluminium alloy). Piston berfungsi sebagai penyekat silinder sekaligus mentransmisikan tekanan gas hasil pembakaran ke crank throw dengan perantaraan connecting rod. Connecting rod biasanya terbuat dari baja atau material paduan lainnya (aluminium, titanium, dll). Connecting rod terpasang pada piston dengan perantaraan piston pin yang terbuat dari baja. Piston pin biasanya berlubang untuk mengurangi beratnya. Piston biasanya dilengkapi dengan ring piston yang berfungsi sebagai penyekat gas hasil pembakaran agar tidak bocor ke dalam crankcase sekaligus juga berfungsi sebagai pengatur aliran oli untuk melumasi dinding silinder.
Tujuan piston dalam silinder adalah:

  • Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida dan akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya (linear).
  • Membuka-tutup jalur aliran.
  • Kombinasi dari hal di atas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam silinder. Satu atau beberapa ring (cincin) dipasang pada piston agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder dengan temperatur kerja menengah ke atas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring piston (piston ring). Sedangkan pada silinder dengan temperatur kerja rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (seal ring).
Ring piston
Ring piston memiliki dua tipe, ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi berfungsi untuk pemampatan volume dalam silinder serta menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang sudah menurun mengakibatkan performa mesin menurun. Ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin empat tak karena pelumasan mesin dua tak menggunakan oli samping.

Forged Piston

Forged Piston adalah piston yang dibuat dengan sistem forging (tempa) memiliki ketahanan yang tinggi dibanding piston konvensional, teknologi Forged Piston adalah teknologi motor balap yang diaplikasikan ke moped. teknologi ini hanya dimiliki oleh yamaha dan indonesia adalah negara pertama yang menggunakannya. Berbeda dengan cast piston, forged piston dibentuk dari segumpal alumunium yang dipanaskan dan ditempa atau dipress sehingga membentuk piston yang diinginkan. Demikian pula dengan forged piston kualitas yang dihasilkan memang berbeda jika dibandingkan cast piston. Penggunaan forged piston sangat sesuai dengan engine yang mempunyai compression ratio tinggi.
Keunggulan Forging Piston dengan dibandingkan piston biasa / casting piston adalah :
  • Tahan lama, kekuatan tahan aus dimana proses pembentukan yang dipilih adalah proses penempaan.
  • Suhu muai lebih tinggi.
  • Koefisien gesek lebih rendah.
  • Berat piston lebih ringan.
  • Menghasilkan 'noise' lebih kecil.
  • Mencegah piston seizure (piston macet).
  • Tahan terhadap suhu tinggi.
  • Biaya produksi yang efisiensi lapisan timah berfungsi untuk mencegah piston baret sehingga terlihat "berkilau" walaupun bergesekan dengan dinding Cylinder.
  • Forging Piston mempunyai daya tahan yang lebih kuat dikarenakan proses pembuatannya yang melalui proses penempaan dengan teknologi tinggi.
  • Diciptakan untuk mengoptimalkan rasio berat piston dengan kekuatan piston sehingga dapat meningkatkan kinerja mesin.
  • Dapat memenuhi kebutuhan dalam kondisi ekstrim baik itu untuk balap atau modifikasi yang memerlukan piston yang kuat dan tahan lama.

5 comments:

  1. oh ternyata forged piston lebih unggul dalam segala hal dibanding piston biasa. baru tau.....

    ReplyDelete
  2. Piston yamaha vixion r15 xabre mx rasanya kan sudah forged.

    ReplyDelete
  3. Jupiter MX old saja sudah forged

    ReplyDelete
  4. Hmmm buat ojek online cocok nih, hajar terus tiap hari

    ReplyDelete
  5. Honda dah pke piston jenis ini blm y?

    ReplyDelete

Isi Komentnya Yach......,

Goresan Khu......!!!

...

"Bagi dunia kau hanya seseorang,tapi bagi seseorang kau adalah DUNIA-nya" Aku sprti ini, menghadapi tantangan sprti brpetualang, mrasakan gairah saat dikejar deadline n harus berpikir keras utk menyelesaikannya.krn tanpa tantangan, rasanya hidup ini kurang hidup, tantangan hidup kita akan makin terasah n kuat untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya. I'm Comming Fresh Graduate 2011..!|!! I'm Engineer.. di Blog Goresan Khu......!!!