1.06.2011

KETEL

KETEL
Ketel adalah alat untuk membuat uap yang berguna untuk menggerakkan mesin-mesin uap.
Adapun Jenis-jenis Ketel, yaitu ;

1. Ketel Pipa Api (fire tube boiler)

Ketel pipa api merupakan bentuk khusus dari perkembangan ketel jenis selongsong. Gas panas, bukannya uap dialirkan melalui buluh-buluh (pipa-pipa). Kenaikan panas ketel pipa api jauh lebih efisien dari pada ketel selongsong dan dapat mencapai efisien sekitar 70 persen. Sebuah boiler tabung api adalah jenis boiler di mana gas panas dari api melewati satu atau lebih tabung berjalan melalui wadah tertutup air. Panas dari gas ditransfer melalui dinding tabung dengan konduksi panas, pemanas air dan akhirnya menciptakan uap.


2. Ketel Pipa Air (water tube boiler)

Ketel pipa air meletakkan tekanan dalam pipa-pipa dan diameter drum yang relative kecil tidak mampu menahan tekanan yang sangat tinggi seperti pada pembangkit uap modern. Secara umum ketel pipa air dalam perkembangan tampak seperti ketel pipa api kecuali bahwa uap air dan tekanan tinggi terletak di dalam pipa-pipa dan gas pembakaran terletak di luar.


3. Ketel Tangki (shell type boiler)

Ketel tangki adalah drum atau selongsong (shell) silinder tertutup yang terisi air. Bagian dari selongsong sedemikian rupa sehingga bagian bawahnya secara sederhana terekspos ke panas, yaitu gas hasil pembakaran dari luar. Ketel jenis selongsong berkembang secara berlahan menjadi bentuk yang modern seperti ketel elektrik, yang mana panas disuplai oleh elktroda yang dipasang dalam air, atau akumulator yang didalamnya panas disuplai oleh uap dari sumber luar yang mengalir melalui pipa-pipa (tubes) di dalam selongsong. Dalam kedua hal ini selongsong tidak terekspos ke panas.


4. Pot type boiler

Pot type boiler, ditampilkan dalam Gambar 2, adalah jenis yang paling sederhana dan terdiri dari sebuah tabung silinder dengan pelat tembaga akhir tinggal. Api, yang biasanya dari burner alkohol, diterapkan pada permukaan eksternal boiler. Kemampuannya mengukus dapat secara signifikan meningkat dengan penambahan sebuah tabung asap dan perisai stainless steel yang membungkus kompor dan bagian bawah boiler. Jadi dikonfigurasi, boiler panci bisa menjadi generator uap dewa dalam suhu moderat dan angin ringan.
lokomotif Tank adalah kandidat yang baik untuk boiler panci sejak tank menyembunyikan perisai api. Sebuah kipas hisap dan blower yang tidak diperlukan untuk pembakaran karena tidak ada keharusan untuk forced draft. Pot boiler memiliki kapasitas \` 1air yang besar dan sederhana untuk uap. Namun, boiler panci cenderung menghitamkan karena api kompor yang bersentuhan langsung dengan permukaan laras luar. Baik sumbu atau menguap burner tipe dapat digunakan.

5. Center Flue Type

Center Flue Type, ditampilkan dalam Gambar 4, memiliki kapasitas air yang besar dan pusat gravitasi rendah yang membuatnya ideal untuk perahu model. Pusat saluran teko dikelilingi oleh air dan kadang-kadang memiliki beberapa tabung silang untuk meningkatkan sirkulasi. Jenis boiler biasanya dipecat oleh kompor gas, karena api sudah benar-benar tertutup oleh pusat buang. Oleh karena itu, kemungkinan api disengaja berkurang. Hal ini diperlukan untuk menjaga tingkat ketinggian air yang tepat dalam jenis boiler untuk menghindari kerusakan buang tengah. Ini menawarkan kemampuan kinerja yang baik dalam kondisi cuaca buruk.

1 comment:

  1. tHanK's karna ini sanGat memBanTu Kami seBagai TaruNa peMula.,.,???

    untuk mempelajari/mengetahui ketel lebih jauh.,.,.?????

    ReplyDelete

Isi Komentnya Yach......,

Goresan Khu......!!!

...

"Bagi dunia kau hanya seseorang,tapi bagi seseorang kau adalah DUNIA-nya" Aku sprti ini, menghadapi tantangan sprti brpetualang, mrasakan gairah saat dikejar deadline n harus berpikir keras utk menyelesaikannya.krn tanpa tantangan, rasanya hidup ini kurang hidup, tantangan hidup kita akan makin terasah n kuat untuk melakukan langkah-langkah selanjutnya. I'm Comming Fresh Graduate 2011..!|!! I'm Engineer.. di Blog Goresan Khu......!!!